Selasa, 07 Februari 2012

tutorial GIS

Map Books di ArcGIS 10 Menggunakan Data Driven Pages


ArcGIS 10 menyediakan fitur Data Driven Pages sehingga Anda bisa dengan mudah membuat map book dari sebuah document map atau project map. ESRI telah menyediakan tutorial cara membuat map book menggunakan fitur Data Driven Pages tersebut dalam bentuk video yang bisa diakses secara online.

more…
Membangun Geodatabase di ArcGIS 10
Mini tutorial ArcGIS ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang pengantar geodatabase. Pada postingan yang dibuat oleh Irwan, ST sebagai penulis tamu di iniGIS.com ini ditunjukkan cara membangun geodatabase di  ArcGIS 10.
more…
Editing Polyline dengan Aturan Topology di ArcGIS 10
Mini tutorial ArcGIS 10 tentang cara melakukan editing otomatis terhadap overshoot dan undershoot polyline di ArcGIS 10 dengan menggunakan aturan topologi (Rule of Topology) ini ditulis oleh Irwan, ST sebagai penulis tamu di iniGIS.com. Irwan adalah pemiliki blog ir1gisplan.wordpress.com yang tinggal di Gowa, Sulsel, alumni dari Universitas Hasanuddin, Program Studi Pengembangan Wilayah dan Kota.

Apa itu overshoot dan undershoot ? more…
Download Peta dari Google Maps Menggunakan Quantum GIS (QGIS)
Open Source GIS Quantum GIS (QGIS) bisa dimanfaatkan untuk download peta dari Google Maps dengan menggunakan plugin OpenLayers Overview. Tentang plugin tersebut sudah saya posting sebelumnya tentang cara menampilkan dan sinkronisasi antara Google Maps dengan QGIS di  link ini. Seluruh tipe peta dari Google Maps /Yahoo Maps/Openstreetmap bisa Anda download dengan menggunakan plugin OpenLayers Overview di QGIS ini.
 download google maps from qgis
more…
Kursus GIS Online Gratis : Editing in ArcGIS Desktop 10
ESRI Training Services menyediakan bahan pelatihan ArcGIS 10 secara online. Banyak diantaranya bisa Anda akses secara gratis. Salah satunya adalah training Editing in ArcGIS Desktop 10.


more…
Kursus GIS Online Gratis : Membangun Aplikasi Web GIS Tanpa Keahlian Programming
Geospatial Traning Services kembali menyediakan kursus GIS online gratis, kali ini tentang cara cepat membangun aplikasi GIS Web mapping tanpa user harus menguasai programming dengan menggunakan ArcGIS Viewer for Flex. ArcGIS Viewer for Flex adalah client application yang dibangun menggunakan ArcGIS API for Flex yang saat ini tersedia versi 2.4. Flex adalah open source web application development tool yang di buat oleh Adobe.
free course arcgis viewer for flex
more…
Menampilkan dan Sinkronisasi Google Maps di Quantum GIS
Anda bisa menampilkan peta dari Google Maps di dalam window open source GIS Quantum GIS (QGIS) sekaligus melakukan sinkronisasi antar keduanya. Sinkronisasi yang dimaksud disini adalah setiap kali Anda melakukan zoom in/ Zoom out pada viewer QGIS, maka Google Maps di window sebelahnya juga akan menampilkan lokasi yang sama secara otomatis.

more…
Kursus GIS Online Gratis : Introduction to VBA for ArcMap
Geospatial Traning Services menyediakan kursus GIS gratis tentang Programming ArcObjects with VBA untuk diakses secara online. Keputusan ini diambil karena VBA tidak lagi mendukung ArcGIS 10.1. Kursus GIS online ini masih bermanfaat untuk pengguna ArcGIS Desktop 9.3.
programming arcgis with vba-arcobject
more…
Tutorial Dasar Penggunaan Quantum GIS (QGIS) dalam Bahasa Indonesia
Aji Putra Perdana  telah merilis tutorial dasar penggunaan GIS Open Source Quantum GIS (QGIS) dalam Bahasa Indonesia. Tutorial ini merupakan bahan pelatihan Sistem Informasi Geografis tingkat dasar menggunakan Quantum GIS Tethys versi 1.5 (kini tersedia versi 1.7) yang dikemas sederhana dan praktis, sehingga Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Tutorial dasar penggunaan GIS Open Source Quantum GIS (QGIS)  dalam Bahasa Indonesia ini merupakan pengembangan dari beberapa bahan dan materi dimulai dengan persiapan data input yakni georeferencing peta hasil scan, pembuatan layer, tahap digitasi on screen, editing data spasial dan atribut, simbolisasi, analisis spasial (overlay/tumpangsusun) hingga tahapan output berupa layout. Berikut adalah daftar isi tutorial 75 halaman yang bisa di download dalam format PDF tersebut. :
Pengantar
Apa itu SIG?
Latihan 1. Instalasi Quantum GIS
Latihan 2. Konfigurasi Quantum GIS
Latihan 3. Georeferencing
Latihan 4. Membuat Layer baru dan Digitasi di layar monitor (On Screen Digitizing)
Latihan 5. Menyimpan Proyek di Quantum GIS
Latihan 6. Pengisian dan Editing Data Atribut/Tabular
Latihan 7. Overlay
Latihan 8. Simbolisasi
Latihan 9. Layout dan Cetak
GIS Blog ini juga telah membuat beberapa postingan tentang Quatum GIS yang bisa Anda lihat di link berikut : http://www.inigis.com/category/open-source-gis/quantum-gis
Download Tutorial Dasar Penggunaan Quantum GIS (QGIS) dalam Bahasa Indonesia via Scribd.com
Memindahkan Layer Berdasarkan Jarak dan Sudut atau Koordinat di Global Mapper
Seringkali saya menerima data spasial dari klien dengan sistem proyeksi lokal. Sementara data lapangan di kumpulkan dengan acuan sistem proyeksi utm. Untuk kemudahan proses data spasial, data spasial dari klien harus di geser atau dipindahkan ke sisem proyeksi utm. Global Mapper menyediakan cara mudah memindahkan data spasial (yang telah ditambahkan sebagai layer) berdasarkan koordinat atau berdasarkan jarak dan sudut tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar